Kamis, 02 Maret 2017

Berbagai Tips Tentang Makanan Sehat Buat Ibu Hamil



Masa kehamilan merupakan masa yang memiliki banyak hal yang perlu disarankan untuk dilakukan oleh sang ibu buat jabang bayi yang dikandungnya. Salah satu hal tersebut yaitu tidak lain dan tidak bukan merupakan dengan menjaga pola makan yang baik. Ada berbagai tips tentang makanan buat ibu hamil jadi perlu diperhatikan seksama mengenai pola makannya bahwa bukan hanya mesti teratur saja melainkan senantiasa harus diperhatikan beberapa pilihan makanan yang akan dikonsumsi.

Ibu hamil sangat menikmati masa kehamilannya dengan berbagai cara terutama mengenai asupan gizi yang akan dikonsumsi
Image Courtesy of David Castillo Dominici / FreeDigitalPhotos.net

Tentu ada larangan bagi seorang ibu hamil bahwa tidak boleh secara sembarangan untuk mengkonsumsi semua makanan yang diinginkan. Hal ini penyebabnya mungkin saja makanan tersebut menjadi tidak baik bahkan bisa membahayakan si jabang bayi nantinya. Jadi walaupun ia sudah mengetahui akan hal tersebut, kadang pula seorang ibu hamil juga melanggarnya dengan tetap saja mempunyai keinginan mengkonsumsi makanan enak tersebut sehingga nafsu makan saat masa kehamilan menjadi tidak akan menurun atau bisa pula meningkat. Jadi keadaan seperti ini akan terdapat satu hal yang paling bijaksana untuk diterapkan yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang tidak hanya enak saja di lidahnya, tetapi sangat baik untuk kondisi si ibu dan bayinya.

Biasanya keinginan untuk memenuhi nafsu makan yang muncul bagi ibu hamil tidak serta merta langsung berhubungan dengan makanan yang utama dan secara umum biasa dimakan saat tiga kali sehari. Meskipun juga berhubungan erat pada keinginan ibu hamil dalam menyantap makanan ringan di sela-sela waktu makannya. Jadi untuk ibu hamil itu sendiri , sangatlah tidak disarankan untuk makan secara sembarangan pada makanan ringan.Jangan sekali-kali percaya adanya mitos mengenai ibu hamil yang harus makan sebanyak 2 kali lipat karena beranggapan bahwa sedang ‘berbadan dua’. Sebenarnya yang perlu dipahami oleh ibu hamil yaitu dengan makan yang lebih sehat dan bergizi  selama 2 kali jadi bukan 2 kali lebih banyak. Jika bumil (singkatan yang lagi trend untuk masa kini dari Ibu Hamil) makan yang berlebihan, asupan kalorinya menjadi kelebihan sehingga akan membuat berat badan bumil menjadi meningkat. Ibu hamil yang berbadan gemuk belum tentu dapat melahirkan bayi yang gemuk pula. Karena pada akhirnya berimbas pada ibu hamil yang merasa kesulitan dalam menurunkan berat badan pasca melahirkan nantinya.

Jadi muncul pertanyaan dalam benak yaitu bagaimana cara mengatur asupan gizi buat bumil. Mengenai berbagai tips tentang makanan maka sebaiknya makanan yang dimakan oleh bumil diatur sedemikian rupa agar tepat sasaran. Makna yang bisa diambil yaitu makan yang sesuai dengan tahap pertumbuhan janin.

Menghindari makanan yang mengandung zat-zat yang berefek samping misalnya dengan bahan pengawet, zat aditif atau zat tambahan pangan. Makanan yang terkandung oleh zat tersebut dapat diduga dan sangat dikhawatirkan bisa membahayakan kehidupan jabang bayi serta menganggu kesehatan buat kondisi ibu hamil.Mengurangi dan membatasi makanan siap saji, minuman yang bersoda atau beralkohol rendah dan makanan gorengan. Dapat dipahami bahwasanya minuman berbahan dasar alkohol tidak baik bagi tubuh janin karena berisiko akan bobot janin yang di bawah angka normal bahkan bisa menimbulkan kematian bayi dalam kandungan. Jadi solusi yang terbaik yaitu sebagai gantinya dengan minuman jus buah segar atau air mineral yang dapat dicampur perasan buah.Menghindari makanan berkalori tinggi yang hanya mengandung gula dan lemak saja. Hal tersebut disebabkan karena bisa menimbulkan kegemukan yang berlebihan.Menghindari untuk mengkonsumsi kafein berlebih misalnya kopi dan coklat. Keduanya bisa meningkatkan tekanan darah yang  cukup berisiko dan membahayakan kesehatan ibu hamil beserta janin yang dikandungnya.Sebaiknya ibu hamil menghindari minum kopi karena sangat rentan berbahaya buat kesehatan serta bayi yang dikandungnya
Image Courtesy of Stuart Miles / FreeDigitalPhotos.netIbu hamil juga perlu menghindari makanan sushi, karena makanan tersebut berasal dari bahan baku ikan mentah dan tentunya tidak aman bagi jabang bayi. Dapat diketahui bahwa ikan laut masih mengandung zat merkuri yang berbahaya dan sangat berpotensi untuk dikandungnya saat ikan masih hidup.Jika keadaan ibu hamil dengan terpaksanya telah mengkonsumsi makanan yang berkemasan atau siap saji maka hendaknya betul-betul memperhatikan label dan masa berlakunya. Jangan sampai tanggal kadarluarsa terlewati sehingga bisa membahayakan janin.Ibu hamil perlu memperhatikan saat memasak makanan misalnya saja daging ayam atau daging sapi, di mana bahan makanan tersebut harus diolah dan dimasak dengan baik. Jika tidak maka tidak tutup kemungkinan bahwa kuman penyakit dapat menempel didalam makanan itu.Sebaiknya ibu hamil saat bepergian perlu  menghindari keadaan lingkungan yang penuh polusi serta kawasan yang berasap rokok. Hendaklah memakai alat penutup mulut atau masker dan bisa pula berpindah ke suatu tempat yang lebih menyehatkan.Ibu hamil harus menghindari obat-obatan tanpa pengawasan dokter. Hal tersebut dapat memicu timbulnya gangguan kesehatan pada ibu dan bayi yang dikandungnya.Ibu hamil harus memperhatikan obat-obatan yang akan dikonsumsi karena harus pengawasan obat oleh dokter
Image Courtesy of foto76 / FreeDigitalPhotos.net

Beberapa ahli mengulas sebagian makanan yang utama untuk ibu hamil.  Jadi bumil tidak perlu menyukai makanan tersebut ataukah memakan seluruhnya. Namun dengan menentukan dan mengambil pilihan kesukaan guna dorongan asupan gizi buat ibu hamil. Makanan yang utama dan menyehatkan bagi ibu hamil, yaitu sebagai berikut :

1. Telur

Telur mempunyai lebih kurang dari 90 kalori dan memiliki kandungan banyak protein yang bermutu dan mutlak sangat baik untuk kehamilan. Untuk beberapa sel bayi akan tumbuh pada tingkat yang eksponensial, serta setiap sel-selnya terbuat dari senyawa protein. Jadi memang mempunyai keperluan protein sendiri. Selain itu telur kaya akan kolin nya, dimana secara totalitasnya akan mendorong perkembangan bayi serta pertumbuhan bagi kesehatan otak.

Telur merupakan makanan sehat yang kaya nutrisi proteinnya dan bisa mendorong perkembangan serta kesehatan otak bayi
Image Courtesy of  satit_srihin/ FreeDigitalPhotos.net

2. kacang

Mengenai beragam jenis kacang seperti kacang hitam atau kacang merah, kacang belang-belang, buncis dan sebagainya. Sedangkan buncis memiliki kandungan serat yang banyak dan mengandung protein dari seluruhnya sayuran. Bahan makanan kacang mengandung serat yang bisa dijadikan partner baru paling baik buat masa kehamilan. Jika ibu hamil memiliki gangguan seperti saluran pencernaan menjadi terlambat dan berisiko pada sembelit serta wasir. Maka dengan makanan serat ini yang terdapat di dalam kacang-kacangan akan dapat menolong dan meringankan problem tersebut.

3. Ubi jalar

Warna ubi jalar adalah warna oranye. Bahan warna tersebut berasal dari karotenoid, pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A yang ada didalam tubuh kita. Makanan ini pula  merupakan sumber vitamin C, serat serta folat. Layaknya seperti kacang-kacangan bahwa ubi jalar pun memiliki harga yang murah serta multifungsi saat mengolah menjadi makanan sehat. Memasak ubi jalar secara kreatif dan penuh ekstra serta dapat juga menyimpannya sebagai makanan ringan nantinya.

4. ikan salmon

Ikan salmon ini mengandung protein yang bermutu tinggi. Selain itu juga amat baik untuk masa kehamilan karena terdapat sumber omega-3 lemak dan berperan untuk mengembangkan fungsi saraf janin. Apalagi untuk ikan salmon itu sendiri atau ikan rendah yang bermerkuri, layaknya tuna kaleng sangat merekomendasikan untuk makan tidak lebih dari 12 ons per minggu guna menghindari terlampaui banyaknya memakan merkuri.

5. Sayuran dan buah-buah berwarna

Ibu hamil yang makan dengan beragam sayur dan buah yang berwarna akan bisa meyakinkan ia serta bayi dengan diperolehnya beragam nutrisi. Makan buah serta sayuran berwarna untuk sepanjang step akhir kehamilan, kemungkinan bayi mencoba mencicipi makanan tersebut yang ibu hamil makan melewati dari cairan ketubannya. Apabila kita mengekspos jabang bayi melalui ke beragam buah-buahan serta sayuran yang menyehatkan dalam rahim, maka dapat meningkatkan kesempatan bayi untuk mengetahui serta menerima rasa saat tiba waktunya.

Buah-buahan yang beraneka ragam rasa dan warnanya sangat baik dikonsumsi buat ibu hamil guna pertumbuhan janin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar